Senin, 17 Maret 2008

Profile SMP Plus AL - FATIMAH

MUKADDIMAH

Urgensi pendidikan adalah membebaskan manusia dari kebodohan, ketidak mampuan, kemiskinan dan ketertindasan, selain itu juga berfungsi menciptakan individu yang mempunyai pola pikir yang ilmiyah dan pribadi yang sempurna, yang dapat mengintegrasikan antara agama serta amal shaleh, guna memperoleh derajat dalam segala dimensi kehidupan.

Terkait dengan tujuan dan fungsi tersebut ada beberapa yang harus dipenuhi, antara lain pendidikan, peserta didik, materi pendidikan yang harus diberikan serta sarana pra sarana yang ada.

Salah satu faktor penting yang menjadi perhatian adalah pendidik sebagai katalisator pendukung pendidikan, maka eksistensinya harus mutlak sesuai dengan standarisasi pendidikan secara universal

Pembangunan nasional dibidang pendidikan diarahkan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan meningkatkan Sumber Daya Manusia dalam mewujudkan masyarakat yang maju, adil dan makmur serta meningkatkan para warganya mengembangkan diri baik yang berkenaan dengan aspek jasmaniyah maupun rohaniyah yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Generasi muda sebagai penyambung estafet kepemimpinan dimasa mendatang dan menegakkan nilai-nilai kebenaran yang harus dijadikan prioritas program disegala bidang keilmuan dan ketaqwaan, agar peran mereka sesuai dengan harapan bersama yang bisa mempersiapkan komunitas masa depan yang bisa dipertanggung jawabkan dihadapan Allah SWT.

Dimensi pendidikan sesungguhnya menyentuh hak yang paling asasi dari sisi tuntunan peningkatan harkat dan martabat kemanusiaan. Hal tersebut dapat tercermin bahwa tidak ada satu bangsapun yang mengesampingkan pembangunan di bidang pendidikan.

Sedang hakekat dari pendidikan adalah merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia dalam rangka menuju peningkatan kualitas sumber daya manusia guna mencapai tingkat kehidupan dalam bangsa dan bernegara yang semakin maju dan sejahtera.

Misi pembangunan nasional di bidang pendidikan sebagaimana di nyatakan dalam GBHN 1999 – 2004 adalah : perwujudan sistem dan iklim pendidikan nasional yang demokratis dan bermutu guna memperteguh akhlak mulia, kreatif, inovatif, berwawasan kebangsaan, cerdas, sehat, berdisiplin dan bertanggung jawab, berketampilan serta menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi dalam rangka mengembangkan kualitas manusia Indonesia.

Salah satu arah kebijakan pendidikan dalam UU Sisdiknas, UU No.20/2003 mengatakan bahwa pemerintah dan pemerintah daerah wajib memberikan layanan dan kemudahan, serta menjamin terselenggaranya pendidikan yang bermutu bagi setiap warga Negara tanpa diskriminasi.
Pemerintah dan pemerintah daerah wajib menjamin tersedianya dana guna terselenggaranya pendidikan bagi setiap warga Negara yang berusia tujuh sampai dengan lima belas tahun.

SEJARAH BERDIRINYA LPI AL-FATIMAH

Lembaga pendidikan islam ( LPI ) Al-Fatimah adalah sebuah lembaga yang intens di dunia pendidikan dan sosial, didirikan oleh bapak Drs. H. Tamam Syaifuddin, M. Si pada tanggal 09 September 2005 didesa Sukorejo kecamatan Bojonegoro kabupaten Bojonegoro propinsi Jawa Timur atau 100 KM arah kota Surabaya.
Dan pada hari Rabu, tanggal 19 April 2006 resmi berbadan hukum disalah satu Akta Notaris Bojonegoro yaitu NOTARIS REZA PERVEEZ KALIA, SH dengan nomor : 1325 dengan dasar dan azaz Pancasila dan UUD 1945 serta berazaskan islam.
Adapun maksud dan tujuan LPI Al-Fatimah adalah untuk pendidikan khususnya agama islam dan kegiatan sosial guna ikut membantu pemerintah dalam program mencerdaskan kehidupan bangsa dan pemberdayaan SDM serta mengangkat harkat, martabat dan kesejahteraan rakyat khususnya kabupaten bojonegoro dalam rangka industrialisasi minyak Blok cepu dan Sumber daya alam ( SDA ) yang ada.
Adapun unit pendidikan LPI Al-Fatimah adalah :
Ø Pondok Pesantren Putri Al-Fatimah
Ø SMP plus AL-FATIMAH ( Formal/Diknas )
Ø Madrasah Diniyah ( MADIN )
Ø TPQ An-Nahdliyah
Ø Sekolah Bahasa Asing
Ø Pendidikan Anak Usia Dini ( PAUD )
Ø Majlis Ta’lim ( Ihya’ Ulumuddin ) dan Chifdul Qur’an
Ø Istiqosah, tahlil dan Bahtsul Masail pondok pesantren
Ø Training Center, seminar dan lokakarya
Ø Koperasi
Ø Panti Yatim Piatu

Beberapa tokoh nasional yang pernah berkunjung ke LPI Al-Fatimah adalah Menteri Kehutanan ( H. MS. Ka’ban, SE. M.Si ) sekaligus berkenan menandatangani prasasti peresmian LPI Al-Fatimah pada tanggal 08 Oktober 2006, ketua DPR RI ( HR. Agung Laksono ), mantan Presiden RI ke-4 ( KH.Abdurrahman Wahid ) dan Ketua Umum PBNU ( KH. Hasyim Muzadi )

PROFILE SMP plus AL-FATIMAH

SMP plus Al-Fatimah berdiri diatas landasan yang jelas, yaitu rasa tanggung jawab untuk mempersiapkan generasi muslim yang berkualitas, unggul dalam iman, ilmu dan amal, generasi yang kuat dan tangguh bahkan peka sosial.
Merupakan amanah dari Allah SWT, dimana SMP plus Al-Fatimah merupakan sebuah lembaga pendidikan menuju jati diri kreatif, religius dan mandiri dengan konsep Islamic Full day school yang di dirikan pada tahun 2007 berdasarkan Surat Keputusan ( SK ) Bupati Bojonegoro Nomor : 188/176/KEP/412.12/2007 berkedudukan didesa Sukorejo Kecamatan Bojonegoro Kabupaten Bojonegoro Propinsi Jawa Timur, merupakan sekolah yang ada dibawah naungan Lembaga Pendidikan islam ( LPI ) Al-Fatimah dan menginduk dibawah binaan dan pengawasan Dinas Pendidikan Kabupaten Bojonegoro.
Ø Visi SMP plus Al-Fatimah “ Unggul dalam prestasi berpijak pada iptek dan imtaq ”
Ø Misi SMP plus Al-Fatimah “ Menyiapkan siswa yang memiliki keunggulan, meningkatkan keimanan dan ketaqwaan serta pengetahuan IPTEK dan IMTAQ, menerapkan disiplin yang tinggi baik dalam belajar maupun dalam beribadah kepada Allah SWT ”
Ø Program pendidikan pengajaran SMP plus Al-Fatimah “ Baca tulis al-Qur’an, pembinaan akhlak dan mental, ketrampilan komputer dan laboratorium, ketrampilan membaca kitab klasik dan tata buku, kemampuan komunikasi bahasa Arab dan Inggris, kurikulum Diknas dan muatan lokal dengan pendekatan CTL dalam proses belajar mengajar, muhadlhoroh ( latihan pidato ) ”
Ø Strategi pembelajaran “ Learn is fun, learn how to learn, teaching is learning dan best friend parenting ”
Ø Kegiatan ekstra kurikuler SMP plus Al-Fatimah “ Pramuka, palang merah remaja ( PMR ), karya ilmiah remaja ( KIR ), olah raga, seni baca Al-Qur’an, seni hadrah, majalah sekolah, internet dan kegiatan out bound ”
SMP plus Al-Fatimah berdiri setelah di lakukan asesmen sederhana melalui pengamatan dan penjaringan data pada beberapa instansi dan tokoh masyarakat, sedangkan ada beberapa faktor yang mendukung berdirinya SMP Plus AL-FATIMAH, faktor tersebut antara lain :
a. Tersedianya lahan lokasi
Dari beberapa syarat berdirinya lembaga sekolah, masalah ketersediaan lahan lokasi menjadi salah satu syarat yang penting, terlebih masalah tanah dewasa ini menjadi barang yang sangat berharga dan untuk mendapatkanya bukanlah pekerjaan yang mudah. Melalui berbagai pendekatan telah berhasil menyakinkan masyarakat pemilik tanah untuk mengutamakan kepentingan sosial, guna mendukung berdirinya sebuah SMP ini. Kesadaran warga masyarakat untuk mengadakan lahan tersebut merupakan bentuk partisipasi dan dukungan yang sangat berarti. Apalagi lokasi tersebut sangat strategis yaitu di sebelah selatanya adalah teminal Bojonegoro dan di sebelah utaranya adalah pasar raya dan rumah sakit internasional tipe B.

b. Animo Masyarat untuk bersekolah
Kemauan dan kesadaran masyarat di kecamatan Bojonegoro dan sekitarnya dapat di lihat dari banyaknya lembaga pendidikan setingkat SD Negeri maupun Swasta dalam radius 10 km dari kota kecamatan Bojonegoro. Diantaranya adalah sebagai berikut:

A. SDN Sukorejo F. SDN KaliAnyar
B. SDN Sumbang G. SDN Wedi
C. SDN Mojokampung H. SDN Tanjung Harjo
D. SDN Sukowati I. SDN Sambiroto
E. SDN Tikusan J. SDN Campurejo

Sedangkan lembaga pendidikan setingkat SMP yang ada di wilayah kecamatan Bojonegoro dan sekitarnya, dalam radius 10 km, yaitu:

A. SMP Ar - Rohmad D. SMP Negeri 2
B. SMP PGRI E. SMP Negeri 6
C. SMP Islam F. SMP Negeri 4

Karena minat masyarakat terhadap pendidikan setingkat SMP relative tinggi.
Dari keadaan di atas, maka kehadiran SMP Plus AL-FATIMAH benar-benar merupakan harapan besar bagi masyarakat Bojonegoro.

c. Adanya lulusan peguruan tinggi / sarjana.
Belum di peroleh data yang pasti tentang kelulusan peguruan tinggi ( sarjana ) dari berbagai di siplin ilmu yang ada di wilayah kecamatan Bojonegoro dan sekitarnya. Namun di pastikan lulusan tersebut ada dan banyak. Dengan berdirinya SMP Plus AL-FATIMAH di harapkan mampu membantu jalanya roda pendidikan khususnya di kecamatan Bojonegoro.

d. Adanya dukungan dari beberapa elemen masyarakat
Informasi akan berdirinya SMP Plus AL-FATIMAH, sebelumnya sudah di ketahui masyarakat luas di wilayah Kecamatan Bojonegoro sejak mendapatkan lahan lokasi untuk sekolah tersebut. Selama ini pula masyarakat menaruh harapan besar terhadap kehadiran SMP Plus AL-FATIMAH. Oleh karena itu melalui penjaringan data ini sebagian masyarakat baik secara pribadi maupun organisasi telah mendirikan dukungan.

e. Tempat kegiatan proses belajar mengajar.
Sambil menunggu ruang kelas baru ( RKB ) yang belum ada, proses belajar mengajar sementara di lakukan di gedung LPI AL-FATIMAH dengan menggunakan dan memanfaatkan sarana dan prasarana yang telah tersedia.

f. Tujuan
Ditinjau dari sisi kepentingan masyarakat sekitarnya berdirinya SMP AL-FATIMAH memiliki tujuan :

A. ikut serta aktif dalam mencerdaskan kehidupan bangsa
B. meningkatkan sumber daya manusia, dalam menunjang proses pembangunan bangsa
C. membuka kesempatan seluas-luasnya kepada masyarakat dalam memperoleh pendidikan setingkat SMP
D. Menampung remaja usia sekolah yang belum tertampung oleh SMP yang layak
E. Menekan angka kenakalan remaja, utamanya yang mengalami putus sekolah setingkat SMP
F. Memperkecil biaya operasional para siswa yang saat ini bersekolah ditempat lain
G. Memperpendek jarak dalam memperoleh SMP, sehingga dapat di jangkau dengan mudah dan cepat
H. Memanfaatkan lahan lokasi yang telah ada, agar tidak menjadi lahan tidur

g. Manfaat
Memperhatikan data yang di peroleh di muka maka berdirinya Unit gedung baru SMP Plus AL-FATIMAH mempunyai manfaat sebagai berikut :
A. Dalam jangka pendek maupun jangka panjang akan di peroleh sumber daya manusia yang cukup untuk pemberdayaan masyarakat di kota Bojonegoro.
B. Meningkatkan animo dan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya pendidikan bagi generasi muda.
C. Adanya kemudahan dalam memperoleh pendidikan setingkat SMP.
D. Memberi kegiatan yang positif yang berupa pendidikan formal. setingkat SMP agar dapat di hindari pengaruh – pengaruh yang negative bagi generasi muda
E. Meningkatkan penanaman budi pekerti kepada remaja usia sekolah, agar menjadi manusia yang berpendidikan dan santun dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

h. Kesimpulan
Dari uraian dan data di atas menunjukkan bahwa keberadaan Unit sekolah baru ( USB ) SMP Plus AL-FATIMAH, dirasa sangat mungkin dan mendesak untuk di teruskan, karena banyak faktor yang mendukung untuk eksistensi dan kelangsungan hidupnya
Adanya Unit sekolah baru ( USB ) SMP Plus AL-FATIMAH merupakan harapan pemerintah dalam perluasan dan pemerataan serta kemudahan dalam memperoleh pendidikan yang layak semakin dekat jaraknya, Sehingga masyarakat dapat memperoleh pendidikan secara efektif dan efisien.

Bojonegoro, 13 Desember 2011
Mengetahui,

Pimpinan LPI Al-Fatimah...........................Kepala Sekolah SMP plus Al-Fatimah

........TTD.........................................................TTD

Drs. KH.Tamam Syaifuddin, M.Si....................Abdul Fatah, S.Pd.

Tidak ada komentar: